MAGELANG SELATAN – Akademi Militer (Akmil) Magelang kembali mendapat kunjungan kehormatan, kemarin. Kali ini, lembaga pendidikan militer itu menyambut kedatangan sejumlah taruna dan perwira militer Australia yakni Kapten Adam Grigg dari RM C-Duntroon Australia.

Gubernur Akademi Militer, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman ketika menyambut taruna beserta seorang perwira militer itu mengatakan bahwa kunjungan mereka merupakan kehormatan yang sangat luar biasa. Adanya kegiatan ini diyakini mampu menambah harmonisasi hubungan militer kedua negara bertetangga ini.

”Kita semua tahu, bahwa hubungan dan kerja sama antara pemerintah Australia dengan Indonesia telah mengalami banyak kemajuan di segala bidang dan program. Salah satunya adalah pertukaran taruna,” katanya.

Ia menjelaskan kegiatan ini juga merupakan bukti usaha keras kedua pemerintahan setiap tahun ini merupakan   bukti  dari  usaha  keras   kedua pemerintahan untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan baik antara RMC-Duntroon Australia dengan Akademi Militer.

”Akademi Militer adalah lembaga pendidikan Perwira tingkat Akademi di  lingkungan TNI Angkatan Darat yang berkedudukan langsung dibawah Kepala Staf Angkatan Darat,” imbuh Dudung, saat menjelaskan profil Akademi Militer kepada para taruna RMC-Duntroon Australia.

Saat ini, lanjutnya, Akademi Militer tengah mendidik sebanyak 1.041 taruna dari tingkat I hingga IV.

”Mereka semua adalah putra-putra terbaik bangsa, yang direkrut dari suku bangsa dan daerah dari seluruh penjuru Indonesia, yang juga berasal dari sosial dan budaya yang berbeda-beda,” ucapnya.

Kunjungan taruna Australia ke Akademi Militer merupakan agenda tahunan yang sudah berlangsung selama beberapa tahun. Harapannya, dengan adanya pertukaran taruna, kedua negara bisa saling belajar tentang strategi pembelajaran pendidikan militer di dua lembaga yang berbeda.

”Selain itu kami juga berharap hubungan yang harmonis antara Indonesia dengan Australia dalam menjaga perdamaian dunia,” pungkasnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here