Patroli Pemilu Berbusana Adat, Bagikan Multivitamin dan Beri Semangat

    0
    396
    Para Polwan Tak Kehilangan Hari Kartini
    BAGIKAN. Sejumlah Polwan Polres Purworejo berbusana adat dan membagikan multivitamin saat berpatroli di PPK Purworejo, kemarin.

    //Para Polwan Tak Kehilangan Hari Kartini//

    Padatnya aktivitas mengawal pesta demokrasi Pemilu 2019 tidak membuat Polisi Wanita (Polwan) Polres Purworejo kehilangan momentum Hari Kartini. Mereka justru memperingatinya dengan cara kreatif yang berbeda dari biasanya. Mengenakan busana adat berbagai daerah di Indonesia, mereka hadir di kantor-kantor kecamatan yang menjadi lokasi penghitungan suara. Aksi bagi-bagi multivitamin serta perlengkapan kesehatan ringan dilakukan sembari berpatroli.

    EKO SUTOPO, Purworejo

    Puluhan Polwan yang sebagian besar berusia muda tampak menarik perhatian saat memasuki kompleks kantor Kecamatan Purworejo, Minggu (21/4). Ada yang mengenakan busana adat lengkap, ada pula yang hanya memakai aksesoris busana adat sebagai pelengkap seragam dinasnya.

    Aktivitas penghitungan suara yang semula sangat serius dan hening, sejenak menjadi cair pagi itu. Dengan penampilan anggun, para Polwan mendekati orang-orang yang tampak lelah karena telah menjalankan tugas atau berjaga selama beberapa hari terakhir.  Para petugas pemungutan suara dari unsur Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwaslu Kecamatan, para saksi dari partai politik, atau anggota TNI dan Polri, satu per satu disapa dan diberi multivitamin. Kepada mereka, para Polwan juga menanyakan kondisi kesehatan dan jika memang perlu, bisa meminta obat-obatan ringan.

    “Selama masa penghitungan suara ini, Polwan juga ikut berpatroli. Tapi hari ini kebetulan bersamaan Hari Kartini, jadi kami berpatroli dengan penampilan berbeda, mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia,” kata Kasubbag Humas Polres Purworejo, Iptu Siti Komariyah SH.

    Patroli mengenakan busana adat disertai aksi bagi-bagi multivitamin merupakan inisiatif dari para Polwan yang mendapatkan dukungan penuh dari Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM. Kepedulian itu dinilai penting mengingat para petugas harus mengeluarkan energi lebih pada masa Pemilu ini. Terlebih, di beberapa daerah tidak sedikit anggota Polri yang bertugas mengalami kelelahan hingga meninggal dunia.

    “Meskipun Polres sudah ada tenaga kesehatan khusus, dengan tambahan multivitamin ini kita berharap masyarakat atau petugas yang ada di PPK ini tetap fit, terjaga staminanya, dan tidak sakit,” ungkapnya.

    Kasat Lantas Polres Purworejo, Nyi Ayu Fitria Facha SH, mengungkapkan bahwa Hari Kartini merupakan momentum berharga untuk diperingati meski  dalam situasi sibuk Pemilu. Di tengah-tengah menjalankan tugas sebagai Polwan serta seorang ibu dalam keluarga, semangat RA Kartini harus terus ditumbuhkan dengan turut peduli dengan kondisi sosial.

    “Saya bersama rekan-rekan Polwan Polres Purworejo lainnya terus berusaha untuk selalu berprestasi dan memperjuangan apa yang telah dicapai oleh RA Kartini terdahulu,” ungkapnya.

    Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan yang juga sedang melakukan monitoring di lokasi tersebut mengapresiasi inisiatif yang dilakukan para Polwan. Meski sudah ada tim kesehatan khusus, kehadiran Polwan menambah semangat para petugas untuk menyukseskan Pemilu.

    “Sebagai antisipasi, saya juga sudah perintahkan kepada Dokkes untuk mobiling membawa ambulans, paling tidak cek tensi atau membawa vitamin. Sejauh ini belum ada anggota yang sakit karena kelelahan, Insya-Allah jangan lah,” terangnya. (*)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here