Nuansa Adat Jawa Warnai HUT Kota Mungkid

0
145
Nuansa Adat Jawa Warnai HUT Kota Mungkid
TRADISIONAL. Upacara HUT Kota Mungkid ke 35 dilaksanakan dalam nuansa balutan budaya Jawa yang kental.

//Sejumlah Prestasi pun Diraih//

KOTA MUNGKID – Penuh rasa khidmat dalam balutan nuansa adat Jawa, Pemerintah Kabupaten Magelang melangsungkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Mungkid ke-35 yang jatuh pada hari Jumat (22/3), di Halaman Setda Kabupaten Magelang.

Keunikan lainnya adalah peserta upacara ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang mengenakan pakaian adat Jawa.

Upacara diawali dengan prosesi arak-arakan PNS berpakaian adat Jawa dari Jl Soekarno Hatta menuju halaman Setda Kabupaten Magelang dengan dikawal pasukan bergodo pada barisan paling depan.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP sebagai inspektur upacara mengatakan HUT Kota Mungkid ke-35 kali ini, Pemerintah Kabupaten Magelang mengusung tema ‘Bekerja Dengan Cinta Untuk Indonesia Menuju Bahagia dan Sejahtera’.

“Melalui tema ini terkandung makna untuk melihat prestasi dan pencapaian masyarakat di Kabupaten Magelang, yang dimulai pada saat saya dan Pak Edi Cahyana dilantik sebagai Bupati Magelang dan Wakil Bupati Magelang untuk periode 2019-2024 oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Semarang beberapa waktu yang lalu,” ucap Zaenal.

Sepanjang 2018, pemerintah kabupaten juga telah berhasil meraih sejumlah prestasi yang cukup membanggakan antara lain, penghargaan Opini BPK ‘Wajar Tanpa Pengecualian, Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM, Kabupaten Layak Anak Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kemudian Pelaksanaan Model Kampung Anak Sejahtera (KAS), Predikat ‘Pasar Tertib Ukur’, Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Kategori ‘Baik Dengan Catatan’ tahun 2018, Program Kampung Iklim Utama Tingkat Nasional untuk Desa Wonosari Kecamatan Kajoran dan Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan, Anugerah Bunda Paud Tingkat Nasional.

“Ditambah lagi penghargaan Penganugerahan BPBD Kabupaten/Kota Tahun 2018 terbaik ll Tingkat BPBD Kabupaten/Kota wilayah Barat, Top 10 kompetisi inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan keterbukaan informasi Publik/KIP Award dalam kategori Badan Publik Cukup Informatif tahun 2018,” papar Zaenal.

Bupati berharap semua hasil kerja tersebut tidak membuat terlena seluruh pegawai pemerintahan, namun sebaliknya agar bisa menjadi pemicu dan motivasi tersendiri dalam melayani masyarakat.

“Dalam kesempatan kali ini saya juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung seluruh program-program pembangunan yang sedang berjalan maupun yang akan berjalan sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Magelang agar dapat terwujud dengan sedaya amanah,” harapnya.

Dalam upacara tersebut, turut dibacakan Sejarah Pemerintah Ibu Kota Kabupaten Magelang dari masa pemerintahan bupati terdahulu hingga masa sekarang. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here