Lighting Berwana Jadi Bidikan Swafoto

0
92
Lighting Berwana Jadi Bidikan Swafoto
LIGHTING. Lampu warna warni di Taman Gunung Tidar menjadi daya tarik bagi warga.

MAGELANG SELATAN – Perpaduan cahaya lampu warna warni di Taman Gunung Tidar sisi timur Kota Magelang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga. Di awal tahun 2019 ini, tanaman dengan ciri khas ornamen nyentrik ini kembali ditata ulang sehingga jadi sasaran warga untuk berswafoto di kawasan taman itu, terutama ketika malam hari.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko mengatakan, Taman Tidar pada awalnya dibangun sebagai monumental raihan Piala Adipura Kencana pada tahun 2014 silam.

”Akhirnya secara monumental disajikan dalam bentuk taman tematik, yang intinya agar display di kawasan itu lebih menarik. Konsepnya di sisi timur tidak terus berhenti, tapi akan terus diubah setiap waktu,” kata Eri, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/1).

Selain penambahan pencahayaan menarik, pada tahun ini pula pihaknya berencana menambah rumput sintetis dan bunga warna-warni di setiap titiknya. Hal ini agar Taman Tidar tak hanya terlihat indah ketika malam hari, tetapi juga saat siang hari.

”Alasan kami menggunakan rumput sintetis karena di sana tanahnya labil dan sudut kemiringannya lebih dari 30 derajat, sehingga mudah longsor. Ke depannya papan yang longsor itu akan diberikan rumput sintetis, dan taman-taman menarik,” ujarnya.

Kemudian, menurut rencana taman yang berada di bantaran Kali Manggis itu, juga akan ditambahi sejumlah aksesoris seperti Taman Kebun Bibit di Jalan Senopati, Kota Magelang. Ia mengatakan bahwa Taman Tidar akan dibuat sedemikian rupa agar selalu berubah dan akan terus terlihat menarik dari waktu ke waktu.

”Nanti akan ditambahi aksesoris seperti becak-becakan, sepeda-sepedaan yang di dalamnya dikasih pot tanaman warna warni. Lalu ornamennya akan ditambahi lampu-lampu agar terlihat indah saat malam hari,” ucapnya.

Dia berharap adanya penataan ulang dan perubahan tata taman di setiap waktu ini akan membuat warga selalu tertarik dan melihat pemandangan bagus yang berada dekat dengan gerbang masuk wisata religi Gunung Tidar itu.

”Kalau soal retribusi kita tidak ke arah sana. Namun paling tidak, Taman Tidar bisa memberikan hiburan tersendiri bagi warga. Termasuk penataan yang berubah-ubah agar warga tidak bosan dengan konsep taman yang itu-itu saja,” pungkasnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here