Lebaran Sisakan Sampah

0
88
Lebaran Sisakan Sampah
MENUMPUK. Sampah di TPA Sanggrahan Kecamatan Kranggan menumpuk.

TEMANGGUNG – Perayaan Idul Fitri 1440 H menyisakan sampah yang cukup banyak. Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Sanggrahan Kecamatan Kranggan meningkat antara 50 hingga 60 persen.

Pengawas TPA Sanggrahan Yuliyanto di Temanggung, menuturkan bahwa volume sampah yang dibuang di TPA Sanggrahan pada hari-hari biasa sekitar 120-140 meter kubik. Namun dalam momentum Lebaran ini meningkat menjadi 210-225 meter kubik per hari.

“Setiap momen-momen tertentu memang selalu mengalami kenaikan, namun untuk perayaan Idul Fitri memang kenaikannya terbilang paling banyak,” terangnya, kemarin.

Menurut dia, peningkatan pembuangan volume sampah terjadi sejak H-7 Lebaran dan biasanya akan berkurang pada H+5 Lebaran. Pada hari-hari tersebut selain warga Temanggung banyak juga warga pendatang yang singgah dan tinggal di Temanggung

“Saat pemudik datang volume sampah langsung mengalami peningkatan, dan berkurangnya volume pembuangan sampah tersebut karena para pemudik sudah meninggalkan Temanggung,” terangnya.

Ia mengatakan kedatangan para pemudik sangat berpengaruh terhadap peningkatan volume sampah, karena di mana ada orang di situ ada sampah.

“Sangat berpengaruh, setiap aktivitas bisa dipastikan akan menghasilkan sampah. Baik itu sampah organik maupun nonorganik,” ujarnya.

Ia mengatakan luas TPA Sanggrahan secara keseluruhan sekitar 4,6 hektar dan yang dipakai untuk pembuangan sampah sekitar 2,8 hektar. Sedangkan sisanya untuk pengolah limbah, bak saluran lindi, dan untuk perkantoran dan garasi.

Menurut dia peran para pemulung di TPA Sanggrahan besar sekali dalam mengurangi sampah, khusunya sampah plastik.

Ia menuturkan setiap hari sekitar 70 pemulung berada di TPA Sanggrahan untuk memungut sampah plastik.

“Setiap hari para pemulung itu bisa mengurangi sampah sekitar 25 sampai 30 meter kubik di TPA Sanggrahan,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun mengalami kenaikan yang cukup banyak, namun pada perayaan Idul Fitri tahun ini masih bisa teratasi. Petugas bekerja maksimal selama perayaan Idul Fitri ini.(set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here