Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh Bertarif Miring

0
177

Cuma Tersisa Tiga Rute

JAKARTA-Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengumumkan bahwa anggaran Public Service Obligation (PSO) atau subsidi angkutan kereta api pada 2019 naik 4,5 persen. Dari Rp 2,3 triliun menjadi Rp 2,4 triliun.

Namun, kenaikan subsidi ini diperuntukkan bagi penumpang commuterline Jabodetabek. Bagi penumpang kereta jarak jauh siap-siap gigit jari lantaran subsidinya hanya bersisa untuk 3 kereta saja dari 8 kereta yakni KA Kahuripan rute Kiaracondong- Blitar, KA Bengawan rute Pasar Senen-Solo Purwosari dan KA Sritanjung rute Yogyakarta-Banyuwangi.

Selain untuk KRL, KA perkotaan juga ditambah 2 kereta yakni KA Siliwangi dan KA Jenggala. Sebelumnya KA tersebut merupakan kereta perintis. “Untuk PSO Tahun 2019 ini, Pemerintah berfokus pada pemberian subsidi bagi kereta commuter. Besaran subsidi PSO Tahun 2019 yang dialokasikan untuk kereta commuter sekitar Rp 1,3 Triliun,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Senin (31/12).

Dari 936 perjalanan kereta commuter pada 2018, pada 2019 subsidi PSO untuk kereta commuter naik menjadi 956 perjalanan kereta. Hal ini juga sejalan dengan target kenaikan penumpang kereta commuter menjadi 1,2 juta penumpang pada 2019 yang akan menggunakan kereta commuter untuk mobilitas sehari-hari.

Sedangkan KA Ekonomi Jarak Jauh disubsidi sekitar Rp 79,9 Milliar, KA Ekonomi Jarak Sedang sebesar Rp 244,4 Milliar dan KA Lebaran sebesar Rp 2 Milliar. Sedangkan untuk kereta perkotaan terdiri atas : KA Ekonomi Jarak Dekat sebesar Rp 640 Milliar dan KRDE Ekonomi sebesar Rp 88 Milliar.

Pemerintah berharap dengan naiknya besaran subsidi PSO pada 2019 ini, PT KAI (Persero) selaku operator dapat meningkatkan kualitas serta inovasi pelayanan kereta kelas ekonomi dan commuter sesuai dengan standar pelayanan yg sudah ditetapkan sehingga dana PSO yang sudah dialokasikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seoptimal mungkin.(uji/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here