Jelang Nyepi, Umat Hindu Gelar Upacara Melasti

0
116
Umat Hindu Gelar Upacara Melasti
MELASTI. Upacara pengambilan air suci di Tuk Mas Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, menjadi inti Upacara Melasti guna menyambut Hari Raya Nyepi.

GRABAG – Sambut Hari Raya Nyepi, ratusan Umat Hindu di Magelang melakukan Upacara Melasti di Tuk Mas, Dusun Dakawu, Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (5/3).

Umat Hindu tampak khidmat mengikuti jalannya Upacara Melasti. Pusat upacara di mata air Tuk Mas, umat berdatangan dengan membawa sesaji maupun umbul-umbul pada Upacara Melasti dipimpin Tokoh Agama, Jro Mangku Wayan Kadek.

“Pada pagi harinya, sebelum melaksanakan Melasti, sebelumnya umat melaksanakan persembahyangan di Pura Wira Buwana dalam rangka memohon keselamatan perjalanan dari Pura menuju Tuk Mas Grabag Magelang,” ucap Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Magelang, I Gede Suarti.

Menurut  I Gede Suarti, Melasti berarti membersihkan segala kotoran yang ada di tubuh manusia secara rohani, jasmani maupun alam semesta.

“Persembahyangan dilanjutkan dengan pengambilan air suci. Air suci nanti disemayamkan di Pura,” terangnya.

I Gede Suarti menerangkan, dalam melaksanakan prosesi Nyepi, umat Hindu melakukan Catur Brata penyepian terdiri dari empat hal. Pertama, amati geni atau tidak menyalakan api. Kedua, amati lelungan atau tidak bepergian, ketiga, amati lelanguan atau tidak bersenang-senang dan keempat, amati karya atau tidak bekerja.

“Pada tanggal Jumat (8/3) pagi, kita melakukan gembak geni. Gembak geni yang mempunyai arti, kita semalamnya sudah melaksanakan instrospeksi pada saat Catur Brata penyepian, apa yang sudah dilakukan, apa yang belum dilakukan. Kira-kira yang tidak baik kita hilangkan, dan kita berbuat baik untuk selanjutnya,” pungkasnya.(cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here