Jalur Pendakian Padat

0
50
Jalur Pendakian Padat
PRAU. Pemandangan dari puncak gunung Prau yang banyak menjadi incaran para pendaki.

WONOSOBO – Momentum liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 banyak dimanfaatkan wisatawan asing untuk menjelajah keindahan alam Wonosobo. Bahkan sejak sepekan terakhir, ribuan pendaki sudah mulai memadati beberapa jalur pendakian. Di antaranya ialah pos pendakian Gunung Prau via jalur Patak Banteng yang hingga menjelang penghujung tahun tak pernah sepi pengunjung.
Menurut salah satu petugas di pos pendakian Patak Banteng, Harsono, adanya video viral yang memperlihatkan kondisi banjir hingga tenda yang diterbangkan angin ternyata tidak menyurutkan animo para pendaki yang mayortias dari luar daerah itu.

“Dalam sepekan tercatat ada sekitar 6.000 pengunjung dan meskipun ada video viral itu para pendaki tidak surut. Terkait banjir di jalur pendakian terlebih di Patak Banteng, memang air biasanya lewat jalur pendakian tapi tidak sebesar itu,” ungkapnya.

Puncak Prau yang memiliki ketinggian 2565 mdpl tersebut dikenal dengan pemandangannya yang sangat memukau di pagi hari. Meskipun belum lama ini dikabarkan bahwa ada pendaki yang tersambar petir namun kejadian itu ternyata tidak berimbas para antusiasme pengunjung. Selain dikenal jalurnya tidak terlalu panjang, Puncak Prau juga dinilai tidak memberatkan pendaki pemula.

“Memang sedang banyak bencana dan kondisi cuaca kurang bersahabat, tapi kami penasaran dan pengelola juga sudah menyiagakan tambahan personel. Sehingga kami tetap mantap untuk mendaki,” ungkap Risti, salah satu pendaki.

Pada kondisi cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini, petugas pos pendakian juga telah menyiagakan tenaga untuk kondisi darurat. Mengingat jumlah pendaki dalam sekali naik bisa mencapai 1.000 orang berdasarkan kapasitas maksumumnya.

“Peringatan dini dan persiapan sebelum pendakian memang selalu diingatkan oleh para petugas di pos jaga, sehingga pendaki bisa menikmati masa liburan,” pungkasnya.

Sementara itu, kondisi serupa juga terjadi di beberapa pos pendakian lain, termasuk jalur pendakian Sindoro via Kledung dan pendakian sumbing via desa Bowongso. Untuk pendakian via jalur Bowongso atau Djogiel Awar-awar juga diinformasikan akan dibuka hingga tanggal 10 Januari 2019 mendatang dan ditutup selama tiga bulan ke depan. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here