Hasil KKN Mahasiswa Dipamerkan

0
27
Hasil KKN Mahasiswa Dipamerkan
EXPO. Rektor UM Magelang Eko Kuh Widodo dan pejabat daerah Pemkab Magelang meninjau stand expo pasca-KKN, kemarin.

MAGELANG SELATAN – Usai menjalankan kuliah kerja nyata (KKN), sebanyak 192 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang melanjutkannya dengan memametkan hasil produk di acara Expo Potensi Desa di Pendopo Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang, kemarin. Expo ini merupakan puncak rangkaian KKN tematik ke-47 sekaligus mejadi ajang presentasi mahasiswa dalam menerapkan program-program selama KKN berlangsung sekitar satu bulan.

Ketua Panitia KKN UM Magelang, Dra Retni Rusdjijati MKes mengatakan, para mahasiswa memamerkan produk olahan dari masing-masing desa binaan. Produk tersebut berasal dari 8 desa dan 19 dusun di Kecamatan Mertoyudan dan Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

”Produk olahannya cukup kompleks ada seperti makanan ternak hasil fermentasi kulit singkong, sehingga menjadi awet dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Kemudian makanan olahan ikan nila yang diubah menjadi abon, dan lainnya,” katanya, Jumat (1/3).

Ia menjelaskan, selain produk olahan turut diberdayakan pula sistem ekonomi masyarakat desa, pemberdayaan berupa pelatihan keterampilan wirausaha, dan sebagainya. Puluhan stand ini, nantinya akan dianugerahkan bagi stand terbaik dan poster paling kreatif.

”Panitia juga akan memberi penghargaan kepada dosen pembimbing lapangan (DPL) terbaik. Ini sebagai wujud perhatian serta apresiasi setelah mereka berusaha optimal dalam menjalankan program KKN,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UM Magelang, Ir Eko Muh Widodo MT yang hadir pada kesempatan itu berharap agar KKN yang mengangkat tema ”Implementasi Ipteks dalam Penanggulangan Kemiskinan di wilayah Kabupaten Magelang” tersebut dapat memberi stimulis mahasiswa untuk interaksi dengan masyarakat.

”Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat ikut serta membantu masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan,” kata Eko, sekaligus menutup kegiatan KKN Tematik ke-47. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here