Fasilitas Sport Center Semakin Lengkap

0
158
Fasilitas Sport Center Semakin Lengkap
SPORT CENTER. Venue berbagai cabang olahraga dihadirkan sebagai fasilitas, sarana, dan prasarana masyarakat Kota Magelang di Kampung Sanden, Kramat Selatan, Magelang Utara.

MAGELANG UTARA – Kawasan Sport Center di Kampung Sanden, Kramat Selatan, Kota Magelang menjadi sarana dan prasarana olahraga baru bagi warga. Venue berbagai cabang olahraga seperti atletik, renang, sepakbola, tenis lapangan, tenis meja, dan lain sebagainya itu akan mulai meramaikan saat peringatan Hari Jadi ke-1113 Kota Magelang digelar bulan depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, keberadaan venue lapangan tenis nantinya akan disajikan pertandingan atlet terbaik tingkat nasional. Gelaran pertandingan ini sudah menjadi agenda rutin setiap perayaan hari jadi.

”Jika tahun lalu, venue yang digunakan menggunakan lapangan Pelti, kompleks Kantor Walikota Magelang, Armada, dan lainnya, kalau khusus perayaan hari jadi tahun ini akan dipusatkan di Sport Center Kampung Sanden,” kata Joko, Kamis (28/3).

Ia menjelaskan pemakaian tempat baru ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi olahraga di Kota Magelang. Terlebih, Kota Sejuta Bunga kini menjadi daerah penyumbang atlet-atlet berprestasi di berbagai cabang olahraga.

”Selain tenis lapangan, kita juga punya andalan olahraga baru yaitu sepatu roda. Ke depan, kita rencanakan di kawasan Sport Center Sanden dijadikan arena olahraga sepatu roda bagi anak-anak, remaja, maupun dewasa,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kawasan Sport Center juga bukan hanya untuk fasilitas, sarana, dan prasarana olahraga saja. Lebih dari itu, pemerintah ingin adanya pusat keramaian baru di Kecamatan Magelang Utara.

”Selain olahraga, kawasan Sport Center juga bisa sebagai tempat refreshing masyarakat, ketika sore hari atau pagi hari. Jadi nanti dampaknya pun multiplayer effect. Kalau di sana (Sanden) ramai, maka praktis perekonomian masyarakat setempat bisa terangkat,” ucapnya.

Dia mencontohkan, jika nantinya kawasan tersebut ramai dikunjungi maka akan banyak usaha rumah tangga, industri rumah tangga, maupun UMKM yang tumbuh pesat.

”Misalnya yang jual kaos jersey, kaos olahraga, pakaian olahraga, dan sebagainya nanti tetap difasilitasi, kalau kawasan Sport Center mulai difungsikan seutuhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito berencana menjadikan kawasan Sport Center, khususnya di seputaran Stadion Moch Soebroto dilengkapi jalur melingkar bagi pejalan kaki. Ini menjadi komitmen Pemkot agar masyarakat yang hobi berolahraga bisa terkomodasi dengan baik di satu titik.

”Saya ingin nantinya Stadion Moch Soebroto bisa seperti Gelora Bung Karno, lengkap dengan lintasan jalan kaki memutari stadion. Nah, di kawasan itu nanti bisa dinikmati masyarakat yang hobi olahraga atau berlibur dengan keluarga,” tuturnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here