Dua Siswa SMPN 1 Magelang Maju OSN Nasional

0
31
Dua Siswa SMPN 1 Magelang Maju OSN Nasional
Dua siswa dari SMP Negeri 1 Kota Magelang berhasil mewakili Jawa Tengah dalam ajang Olimpiade Sains Nasional yang akan diselenggarakan pada 30 Juni-6 Juli 2019 mendatang.

MAGELANG TENGAH – Kota Magelang patut bangga karena dua siswa dari SMP Negeri 1 Kota Magelang berhasil mewakili Jawa Tengah dalam ajang Olimpiade Sains Nasional yang akan diselenggarakan pada 30 Juni-6 Juli 2019 mendatang.

Dua siswa tersebut Muhammad Iqdamul Umam untuk Mapel IPA dan Yosa Wulandari Mapel IPS. Sebelumnya 3 siswa telah lolos OSN tingkat Kota Magelang kemudian berkompetisi di tingkat Provinsi Jawa Tengah mereka berdua dan Belinda Tania untuk Mapel Matematika. Kompetisi tingkat Jateng ini hanya dua siswa yang lolos yaitu pada Mapel IPA dan IPS sedangkan Mapel Matematika tidak lolos ke tingkat nasional.

Meskipun hanya dua yang lolos, namun pihak sekolah tetap bersyukur karena prestasi OSN ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Nurwiyono, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Magelang mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada anak-anak yang sudah lolos tingkat provinsi. Pendampingan akan diberikan baik dari guru-guru sekolah SMP Negeri 1 maupun guru-guru SMA karena materi OSN tidak hanya dari SMP tapi juga dari SMA. Selain itu juga ada karantina dari Provinsi Jawa Tengah untuk persiapan OSN besok.

“Meski hanya dua tapi kami sangat bangga dengan prestasi ini karena tahun lalu hanya mapel IPS saja yang berhasil ke Nasional dan tahun ini IPA dan IPS, ini jelas ada peningkatan,”ungkapnya.

Nurwiyono berharap dua siswanya yang maju OSN dapat membawa pulang medali emas. “Jika tahun lalu kita dapat perak, tahun ini dapat membawa emas untuk keduanya,” imbuhnya.

Sementara Iqdam salah satu siswa yang berhasil maju ke nasional OSN Mapel IPA ini mengaku jika selama mengikuti OSN di Provinsi Jateng memiliki kesulitan jenis soal uraian. “Di tingkat kota hanya soal pilihan ganda, kemarin di Provinsi soalnya ada uraiannya,” ungkap siswa yang masih duduk di kelas 7 ini.

Sementara, Yossa mengaku untuk mempersiapkan OSN tingkat nasional mendatang perlu memahami jenis soal untuk menjabarkannya. “Untuk Mapel IPS memang yang dibutuhkan pemahaman dan mengembangkan pertanyaan yang diberikan jadi harus banyak membaca,” kata siswa yang suka membaca buku sejarah ini.

Belinda sendiri yang belum lolos tingkat nasional mengaku akan terus bersemangat mengikuti lomba-lomba matematika lainnya. Dia mengakui ada beberapa kesulitan yang dihadapi saat mengikuti OSN tingkat provinsi. Menurutnya soal-soal untuk SMA yang belum didapatkannya di sekolah membuatnya kesilitan menjawab pertanyaan. “Saya masih ingin terus berusaha mengikuti lomba-lomba lain, meskipun belum lolos OSN tingkat nasional,” kata siswa yang bercita-cita menjadi Aktuaria ini. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here