Disdikbud dan Bendahara Umum Jadi WP Terbaik

0
41
Sambutan Walikota di WP Terbaik
PENGHARGAAN. Walikota Magelang Sigit Widyonindito, memberikan sambutan pada Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahun 2018 dan Tax Gathering di Hotel Grand Artos Magelang, kemarin.

MAGELANG SELATAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Bendahara Umum Daerah Kota Magelang berhasil meraih penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Magelang, sebagai wajib pajak (WP) terbaik di awal tahun 2019 ini.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala KPP Pratama Magelang Wiratmoko dan Walikota Magelang Sigit Widyonindito, disaksikan oleh perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza, dalam Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahun 2018 dan Tax Gathering di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (21/3).

Disdikbud Kota Magelang, meraih kategori WP Bendaharawan dengan Pembayaran Terbesar di Tahun 2018 dan Bendahara Umum Daerah Kota Magelang, kategori Bendahara Instansi dengan Jumlah Pegawai Telah Lapor SPT Tahunan e-Filling Paling Banyak.

”Penghargaan ini sebagai apresiasi kami kepada WP dengan kriteria tertentu. Diharapkan mendorong WP lainnya untuk meneladani,” kata Wiratmoko, disela-sela kegiatan

Selain penghargaan ini, pihaknya juga menyerahkan plakat bukti penerimaan SPT kepada Walikota Magelang Sigit Widyonindito dan Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana, sebagai bukti bahwa kedua pejabat tersebut sudah melaporkan SPT tahunan.

Wiratmoko memaparkan realisasi penerimaan pajak tahun 2018 di KPP Pratama Magelang sebesar Rp795,22 miliar, atau mencapai 93,04 persen dari target sebesar Rp854,73 miliar. Kota Magelang berkontribusi sebesar 47 persen dari capaian tersebut.

Adapun target penerimaan pajak tahun 2019 ini, lanjut Wiratmoko, mencapai Rp967,77 miliar. Sementara hingga bulan Maret 2019 realisasi penerimaan pajak KPP Pratama Magelang telah mencapai 12 persen.

Kepala Bidang Pendaftaran Ekstensifikasi dan Penilaian Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II, Muhamad Riza menambahkan bahwa salah satu strategi untuk memenuhi target adalah meningkatkan kepatuhan dan memperkuat basis data. Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari seluruh instansi pemerintah wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Magelang untuk memenuhi kewajiban penyampaian data.

”Dengan adanya database yang kuat, maka bisa membantu kami menggali potensi dalam rangka peningkatan penerimaan pajak,” katanya.

Riza menuturkan adanya apresiasi dari KPP Pratama Kota Magelang kepada WP ini dapat memacu mereka untuk meningkatkan kepatuhan kewajiban membayar pajak. Selanjutnya, kepada stakeholder, institusi, birokrasi, pimpinan daerah kabupaten/kota, pejabat Forkompimda dan asosiasi untuk mendukung dan bekerja sama untuk mencapai pemenuhan target pajak tahun ini dan yang akan datang.

Sementara itu, Walikota Magelang Sigit Widyonindito, memberikan apresiasi kepada KPP yang menobatkan dua instansinya meraih penghargaan itu. Menurut dia, hal ini menjadi salah satu wujud kepercayaan dan kesadaran masyarakat Kota Magelang terhadap pajak.

”Bahkan dalam kurun 3-4 tahun terakhir, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Magelang mencapai lebih dari 100 persen, kisaran 112-115 persen. Kepercayaan masyarakat tinggi terhadap pajak, saya bangga, harus terus dijaga,” pungkasnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here