Buka Akses Jalan, Warga Binangun Kepras Tebing Sepanjang 350 Meter

0
11

WONOSOBO–  Ratusan warga  Dusun Rego, Desa Binangun, Kecamatan Watumalang melakukan kerja bakti membuka akses jalan. Kegiatan tersebut dimulai  dari pagi pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Pelebaran jalan tersebut dilakukan lantaran selama ini akses menuju  kampung mereka masih beruapa jalan setapak.

“Semangat warga Desa Binangun dalam membuka akses jalan patut dicontoh. Sebab, mereka kerja bakti setiap hari secara bergantian, ada ratusan warga dari 7 rukun tetangga yang terlibat aktif,” ungkap Camat Watumalang Iwan Widiyanto, kemarin

Menurutnya, jalan yang sebelumnya hanya setapak dengan lebar kurang  dari 1 meter. Secara bergilir, warga  melakukan pekerjaan gotong-royong membuka jalan  dan mengepras perbukitan sepanjang 350 meter. Kegiatan ini murni swadaya masyarakat. Obsesi dari warga setempat dengan jumlah 144 kepala keluarga untuk  memiliki jalan selebar 3 meter.

“Jalan ini dimaksudkan akan mempermudah akses warga Dusun Rego untuk beraktivitas menuju dusun lainnya. Adapun jalan yang dibuka tentu harus merelakan beberapa tanah kepemilikan warga, sekitar 24 pemilik tanah semua bersedia jika tanahnya digunakan untuk jalan, dan tak satupun yang minta ganti rugi,” ujarnya.

Warga Dusun Rego sudah  mengikhlaskan dengan senang hati untuk kemanfaatan bersama, termasuk juga ada 7 rumah yang harus terkurangi bagian depannya guna pelebaran jalan ini. Nantinya masyarakat secara bergotong-royong juga untuk memperbaiki rumah yang terpaksa harus terkurangi untuk jalan.

“Diperkirakan tidak lebih dari 3 bulan, pelebaran jalan ini akan selesai. Di tahun 2020 juga berkomitmen untuk membantu pengerasan jalan dengan APBDes berikutnya,” imbuh iwan.

Pihaknya menambahkan, bahwa wilayah Kecamatan Watumalang memiliki kontur perbukitan, hampir semua desa dan dusun dibagun di lereng atau diatas perbukitan. Namuan dengan kondisi tersebut, kecamatan watumalang menyimpna potesni  kekayaan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah air terjun. Hampir semua desa memiliki air terjun lebih dari satu.

“Kita terus berupaya mendorong dan mengembangkan potensi yang ada di desa, baik itu wisata maupun pertanian,” pungkasnya. (gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here