Angin ‘Ngamuk’ 23 Rumah Warga

0
17
Angin 'Ngamuk' 23 Rumah Warga
CUACA BURUK. Sejumlah bangunan rusak akibat hujan disertai angin kencang Rabu (9/1) di beberapa titik wilayah Kabupaten Magelang.

MUNGKID – Bencana alam yang diakibatkan oleh cuaca buruk angin kencang kembali terjadi pada Rabu (9/1), yang terjadi pada lima titik yang tersebar di tiga kecamatan.

Adapun lokasi terdampak angin kencang tersebut adalah Dusun Bojong I, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid. Dusun Drojogan, Desa Adikarto, Kecamatan Muntilan. Dusun Demangan, Desa Congkrang, Kecamatan Muntilan. Dusun Ngemplak, Desa Ngrajek, Kecamataan Mungkid. Dan Dusun Tingal, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur.

Hujan yang turun sejak pukul 14.00 WIB wilayah Kabupaten Magelang. Hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang.

Sehingga menyebabkan beberapa pohon tumbang di tiga  Kecamatan yaitu Kecamatan Muntilan, Mungkid, dan Borobudur. Dampak dari kejadian tersebut mengakibatkan 23 rumah rusak ringan dan menutup sebagian akses jalan.

“Cuaca buruk hujan disertai angin kencang melanda di tiga kecamatan, dan merusak rumah warga, dan beruntung tidak ada korban jiwa,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto.

Upaya penanganan yang dilakukan pemerintah berupa kaji cepat oleh Satgas dan TRC BPBD Kabupaten Magelang. Dengan melakukan pemotongan dan pembersihan batang pohon oleh BPBD, Satpol PP dan PK (Damkar) ,PLN, POLRI, Relawan yaitu OPRB, Bravo, Guruh Merapi, Linang Sayang, Sigap Merapi,dan Garuda Bukit Menoreh, dan Warga.

Disamping itu juga dilakukan Koordinasi dengan Pemdes Setempat serta koordinasi dengan PLN UPJ Borobudur.

“Masyarakat harus waspada jika cuaca mendung dan berangin. Jangan berteduh dibawah pohon. Dan selalu siaga untuk menyelamatkan diri. Harapannya semua aman terkendali,” ungkap Edy.

Di sisi lain, telah terjadi longsor di senderan (talud)  halaman PAUD Pelita Hati Dusun Beseran 1 Desa Beseran Kecamatan Kaliangkrik dengan volume, panjang = 25 meter, tinggi  = 2.5 meter, tebal =  0.70 meter

Kemarin hujan dengan intensitas deras dari jam 13.15 WIB di sekitar wilayah Kaliangkrik menyebabkan talud PAUD Pelita Hati Dusun Beseran 1longsor. Dalam peristiwa ini tidak ada korban. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here