15 Pasang Finalis Mas Mbak Wajib Nge-Vlog

0
16
15 Pasang Finalis Mas Mbak Wajib Nge-Vlog
SELEKSI. Sebelum menuju grand final, para peserta  finalis Duta Wisata harus mengikuti berbagai tahapan. Foto grand Final Duwis Wonosobo 2018.

//Rangkaian Seleksi Duwis 2019//

WONOSOBO – Tahapan seleksi ajang Duta Wisata Wonosobo 2019 yang akan memilih Mas dan Mbak berikutnya sudah dimulai sejak 6 April lalu. Dari sedikitnya 150 lebih peserta yang mengirim dokumen dan mengikuti tahap wawancara, akhirnya dipilih sebanyak 15 pasang finalis yang nantinya akan maju ke tahapan final.

Menurut ketua panitia seleksi, Chandrayani Nawangsih Mapurusa, tahap karantina akan dilaksanakan 22 hingga 24 April di salah satu desa Wisata Wonosobo yang belum dipublikasikan. Sedangkan apresiasi seni akan diadakan 25 April mendatang di Allure dan ditutup dengan Grand Final di Alun-alun Wonosobo.

“Tahun ini kita mengusung tema dengan hashtag #AspireInspire201.  Aspire artinya kita berproses menuju versi terbaik diri kita, terus Inspire yaitumenginspirasi. Sebagai duta wisata kita sudah sepatutnya dibuat sebagai seorang role model bagi generasi muda tentunya yang jadi ujung tombak promosi pariwisata. Tahun ini ada kewajiban nge-vlog sebagai pengganti makalah,” ungkap Chan yang juga mewakili paguyuban Mas Mbak Wonosobo atau Pammbos.

Di tahun-tahun sebelumnya, para finalis memang diwajibkan untuk menyusun makalah tentang pariwisata namun sesuai dengan perkembangan zaman, tugas itu diganti dengan vlog yang mempromosikan salah satu destinasi di Wonosobo.

“Jadi sejak seleksi awal mereka upload foto di sosmed Instagram dengan hashtag #AspireInspire2019, dan setelah lolos jadi 15 Besar akan dirilis official photoshoot finalisnya untuk memperkenalkan finalis ke publik. Selanjutnya mereka harus mempublikasikan vlog penugasan mereka tanggal 17 April sebelum lanjut ke karantina,” imbuh Chan.

Di tahun ini panitia secara ketat memonitor medsos para finalis, terutama Instagram dengan harapan medsos mereka secara keseluruhan lebih informative. Terlebih sebagai calon Duta Wisata mereka disebut Chan tidak hanya membawa nama  pribadi, tapi nama paguyuban, dinas, dan pemenangnya tentunya akan membawa nama Wonosobo.

“Gelar bagi 15 besar nantinya itu Mas Duta Wisata Wonosobo dan Mbak Duta Wisata Wonosobo. Sementara untuk pemenangnya yaitu Mas Wonosobo dan Mbak Wonosobo. Jadi kalau Duta Wisata itu ada 30 orang setiap tahun, tapi Mas dan Mbak Wonosobo hanya satu pasang. Kami ucapkan selamat kepada 15 Besar Finalis Mbak Wonosobo 2019 dan semangat melanjutkan perjalanan seleksi,” pungkas Chan. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here