138 Admin Web Desa Dilatih Kelola Website

0
92
138 Admin Web Desa se Wonosobo

WONOSOBO – Tak kurang dari 138 orang administrator website desa telah mengikuti pelatihan dasar di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo. Website desa diharapkan mampu menyajikan konten-konten yang informatif sebagaimana fungsi utamanya.

Kepala Seksi Tata Kelola Teknologi Informasi dan Kemitraan, Bidang Informatika Ratna Sulistiyani mengungkap hal tersebut ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/11). Rencana kedepan, Dinas Kominfo akan menuntaskan pelatihan untuk 236 admin Website Desa agar website semua desa di Kabupaten Wonosobo mampu menyajikan konten-konten yang informatif sebagaimana fungsi utamanya.

Ke depannya desa akan menjadi badan publik, dimana asas transparansi sangat ditekankan sehingga peran sebuah website sangat penting sebagai media keterbukaan publik,” tutur Ratna.

138 Admin Web Desa Dilatih Kelola Website
PELATIHAN. 138 orang administrator website mengikuti pelatihan dasar di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Dwiyama SB mengemukakan belum lama ini, 3 Desa meliputi Beran Kepil, Kapencar Kertek dan Winongsari Kaliwiro telah menjalani penilaian keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

“Itu  menunjukkan adanya keseriusan pihak pemerintah untuk mendorong setiap badan publik, termasuk di dalamnya desa-desa agar menaati regulasi terkait keterbukaan informasi,” ucapnya.

Era Keterbukaan Informasi

Dinas Kominfo, terus mengupayakan agar keterampilan para admin website desa meningkat, termasuk dalam hal kustomisasi tampilan website, mengisi konten dengan berita maupun gambar, hingga mengunggah beragam potensi di desa masing-masing ke laman web dan melayani aduan masyarakat.

Dinas Kominfo terus mengupayakan agar keterampilan para admin website desa meningkat

Para peserta memperoleh teori dasar juga diberikan kesempatan untuk langsung praktik mengisi website serta menjawab aduan masyarakat dan melayani permohonan informasi. Dengan adanya semangat para admin web desa tersebut, diharapkan akan terwujud  pemerintahan desa yang informatif dan transparan. (gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here