Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Kabupaten Magelang

 Terbaru

Jembatan Penghubung Dua Desa Putus

Jumat
09 November 2018 🕔 12:00:00 WIB

SALAMAN - Jembatan penghubung antara Desa Menoreh dan Desa Kalirejo, tepatnya di Dusun Paripurno dan Dusun Ngargoretno terputus akibat luapan air sungai saat terjadi hujan deras Kamis (8/11) pada pukul 15.35 WIB.

Kepala BPBD Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, selama proses perbaikan jembatan penghubung antara Desa Menoreh ke Desa Kalirejo di Dusun Paripurno dan Dusun Ngargoretno ada pengalihan jalur (jalur alternatif) yang melintas aliran sungai.  

"Hujan deras yang terjadi menyebabkan debit aliran sungai menjadi sangat besar sehingga membahayakan bagi para pengguna jalur alternatif yang melewatinya. Sementara itu, apabila jalur alternatif tersebut ditutup maka warga harus memutar lumayan jauh melewati Kalipucung Desa Kalirejo atau melewati wilayah Borobudur," ucap Edy.

Selain itu terdapat kejadian Tanah Longsor, dengan lokasi kejadian di Dusun Mersen, Desa Bumiayu, Kecamatan Kajoran, pada Kamis (8/11) pukul 15.00 WIB.

Longsor yang diakibatkan hujan tersebut, berdampak material longsoran mengenai dinding rumah bagian belakang milik M.Tohir, yang dihuni empat jiwa.

Adapun kronologi kejadian berawal dari hujan dengan intensitas sedang yang terjadi sejak pukul 13.00 WIB di wilayah Desa Bumiayu menyebabkan tanah dengan tinggi 2 Meter dan lebar ± 4 Meter longsor sehingga mengenai dinding rumah milik M. Tohir.

"Segera dilakukan penanganan, yaitu pembersihan meterial longsoran oleh warga, Satgas BPBD Kabupaten Magelang dan relawan. Adapun bila terjadi hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi longsor susulan," ungkap Edy.(cha)

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar