Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Kombis

 Terbaru

Jadi Rujukan Pencinta Kuliner Khas Nusantara

Kamis
13 September 2018 🕔 08:40:45 WIB

*PESONA Angkat Ratusan UKM di Indonesia

MAGELANG- PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara) telah berhasil mempopulerkan sekaligus memasarkan aneka kuliner khas daerah di Indonesia. Sejumlah makanan khas daerah yang tidak ditemui di sekitar tempat tinggal konsumen bisa dipesan melalui website PESONA. Sehingga konsumen tidak harus capek-capek pergi ke daerah lain untuk mendapatkan makanan khas daerah yang diinginkan.

Sejak dilaunching Oktober 2010, program layanan JNE yang menjadi wadah bagi UKM kuliner untuk mempromosikan aneka produknya itu sudah berhasil memasarkan 4.342 varian kuliner dari 46 daerah di seluruh Indonesia melalui online. Hingga saat ini tercatat 794 vendor atau UKM telah menjadi anggota PESONA, dengan 35 ribu pelanggan.

Getuk Eco, Wajik Ny Week dan Fiori Getuk Bolen merupakan oleh-oleh khas Magelang yang menjadi kuliner favorit PESONA. Permintaan yang paling banyak datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Setiap bulan rata-rata tercatat 10 paket pesanan untuk masing-masing makanan dengan jumlah yang bervariasi.

Sejumlah pencinta kuliner khas Nusantara merasa senang dengan adanya layanan PESONA. Mereka bisa mendapatkan aneka macam makanan khas daerah yang diinginkan tanpa harus pergi ke daerah tersebut. Tinggal pesan secara online di website PESONA, makanan yang diminta akan dikirim ke rumah.

Anis, karyawan Getuk Eco Magelang mengakui, selain melayani konsumen yang datang ke toko di Jalan DI Panjaitan 5 Magelang, pihaknya juga melayani pesanan via online, baik yang akan dikirim ke luar daerah maupun ke luar negeri. “Kalau ada pesanan dari luar daerah, biasanya menggunakan JNE, tapi ada juga yang kami titipkan jasa travel,” kata Anis.

Bambang Kristiadi, Branch Manager JNE Magelang mengakui keberadaan PESONA  sangat membantu para UKM memasarkan aneka kuliner yang diproduksi. Di Magelang, tercatat ada 19 UKM yang aktif di jaringan PESONA.“UKM-UKM kuliner yang lain, bisa segera bergabung karena sebenarnya masih banyak kuliner khas Magelang yang belum banyak dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Bambang  berharap para UKM kuliner, bisa lebih inovatif memproduksi oleh-oleh khas Magelang agar bisa dipasarkan di website PESONA sekaligus bisa bersaing dengan produk kuliner dari daerah lain.

Sejumlah kuliner khas dari daerah lain, seperti Pempek Candy, Bolu Meranti, Keripik Balado Kristin Hakim, Bakpia, Carica serta Kripik Jamur juga menjadi makanan khas yang banyak dipesan oleh customer PESONA. Tak hanya itu, masih banyak aneka kuliner dari Nusantara, seperti kue dan roti, cemilan, menu masakan atau makanan, kopi, teh hingga sambal dan masih banyak lagi, yang semuanya tersedia di PESONA, tinggal memilih sesuai selera. Kini, PESONA menjadi rujukan bagi pecinta kuliner khas Nusantara.

Mayland Hendar Prasetyo, Head of Marketing Communication Division JNE menjelaskan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang, JNE melihat peluang pengiriman kuliner sangat bagus, khususnya makanan khas daerah. Apalagi  produk-produk kuliner khas daerah belum tentu bisa didapatkan di semua kota. Ditambah dengan otentiknya rasa makanan khas daerah di Indonesia. "JNE menangkap peluang tersebut dimana bisnis pengiriman akan menjadi trend dan memudahkan orang untuk mendapatkan produk kuliner khas daerah. Tentu dibarengi dengan semangat “connecting happiness” yaitu turut mengembangkan UKM, khususnya kuliner agar dapat memasarkan produknya secara online," ungkapnya.

Customer yang menginginkan aneka makanan khas daerah, dapat memesan secara online melalui www.pesonanusantara.co.id dengan menentukan pilihan berdasarkan kota, atau jenis makanan khas daerah. Bagaimana kalau makanan khas yang diinginkan tak ada di web ? "Tak perlu khawatir, customer bisa memilih layanan suka-suka, dimana mereka dapat memesan produk yang belum ada di website PESONA," terang Hendar.

Setelah memilih produk makanan khas daerah, lanjutnya, customer dapat mengetahui secara langsung berat dan ongkos pengiriman sesuai dengan service yang dipilih. Lalu customer dapat melakukan pembayaran melalui rekening bank yang dipilih. "PESONA tidak menaikkan harga sedikit pun, dalam hal ini kami akan melakukan beli putus apabila ada order dari customer. Tentunya hal ini akan sangat membantu perputaran ekonomi UKM," jelasnya.

Menurut Hender, banyak keuntungan yang dirasakan UKM setelah bergabung dengan jaringan PESONA. Diantaranya, didukung oleh jasa pengiriman JNE yang sudah sangat berpengalaman lebih dari 26 tahun menjalankan bisnisnya. PESONA  juga sering mengikuti berbagai even sehingga produk bisa dipasarkan melalui even tersebut. Selain itu, juga bekerjasama dengan 14 platform yang sangat memungkinkan menjual produk UKM di platform tersebut. "PESONA sering mengadakan promo secara offline maupun online," imbuhnya.

Sedang, keuntungan yang didapat konsumen, selain, mendapatkan makanan khas tanpa perlu repot lagi datang langsung ke daerah. Pembayaran dan proses pengiriman dijamin aman karena ditangani oleh tim profesional dan terlatih. Waktu pengiriman disesuaikan dengan produk yang dipilih karena setiap melakukan order produk maka akan muncul pilih service yang disarankan karena tergantung jenis makanan yang dipilih apakah peka waktu atau tidak. “Seperti contohnya, pempek maka service yang disarankan adalah YES (Yakin Esok Sampai) agar produk pempek dapat diterima 1 hari setelah pengiriman,” terang dia.

Disebutkan, PESONA selalu menjaga dan memperhatikan kualitas makanan, mulai dari izin produksi makanan, waktu kedaluwarsa sampai packagingnya sehingga setiap produk yang dipesan baik untuk dikonsumsi. “Jika kerusakan produk makanan terjadi karena kendala pengiriman oleh JNE maka PESONA berkomitmen untuk mengganti produk makanan tersebut,” tandas dia. (oko)

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar