Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Wonosobo Ekspres

 Terbaru

Ikrar Netralitas tak hanya Dibibir

Rabu
07 November 2018 🕔 10:08:15 WIB

WONOSOBO- Apel Tiga Pilar meliputi  TNI, Polri dan ASN dihelat di Pendopo Bupati Wonosobo kemarin. Ketiga pilar tersebut berikrar tidak menggunakan wewenang memberikan dukungan politik dan keberpihakan kepada kontestan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019.

Kegiatan apel tersebut diikuti kurang lebih 800 orang, dengan pengambil apel Irjen Pol Drs Condro Kirono, Kapolda Jateng dan Brigjen TNI Muhammad Zamroni S.I.P, Danrem 072/Pmk, kemarin (06/11).

Kapolda mengemukakan apel tersebut dilakukan setiap daerah-daerah, sembari memastikan kondisi  umum di Jawa Tengah dalam menghadapi tahun politik.

"Momen apel ini kebetulan bersamaan dengan adanya kontestasi politik yaitu pileg dan pilpres. Karena itu di sinilah 3 pilar ini dapat menunjukkan profesionalitas nya,” terang Kapolda

Apel tiga pilar untuk mensolidkan, unsur Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kades serta Lurah yang merupakan ujung tombak,  unsur pendukung pemerintahan yang harus kuat dan kompak. Menurutnya, soliditas tidak hanya hubungan kedinasan semata, mana kala hubungan sudah menjadi saudara di wilayah guna menumbuhkan empati dan mengajak kegembiraan bersama.

“Kali ini kita menghadapi kontestasi demokrasi yang luar biasa, mengharapkan 3 Pilar harus kompak dan membawa rasa aman, damai dan kesejukan karena kuncinya ada pada anda anda sebagai 3 Pilar. Kehidupan sosial politik agama ada pada di wilayah anda sebagai ujung tombak,” ujarnya

Desa kelurahan akan menjadi ajang berkontentasi tentunya akan terjadi polarisasi dan tentunya rawan konflik dimana mesin politik akan naik dan 3 pilar ini akan menjadi pendingin dan bila ada konflik sekecil apapun segera tangani agar selalu aman dan kondusif.

Sementara itu, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Muhammad Zamroni menyampaikan  para tiga pilar meliputi TNI, Polri dan ASN telah sukses menghantarkan Pilkada Serentak Tahun 2018 (Pilgub Jateng). Wonosobo berjalan dengan baik  dan secara umum Jateng, mendapt predikat paling kondusif.

Menurutnya,  situasi ini timbul bukan secara kebetulan tapi merupakan upaya dari orang-orang yang hebat dan orang-orang ini melaksnakan tugas dengan hati nurani yang tulus. Sebab pada  dasarnya semua kejadian atau kegiatan yang muncul hingga skala nasional sebenarnya berawal penyelesaian tingkat desa yang tidak tuntas.

“Keberhasilan yang sudah dicapai, coba marilah evaluasi pada diri masing-masing, mungkin ada  kekurangan, tapi  sudah mendapatkan hasil yang sangat bagus sekali. Apalagi kosolidan, sinergitas ini ditingkatkan pastinya akan lebih maksimal,” ucapnya

Pemilu Tahun 2019 untuk tahapan sangat banyak dan sangat-sangat rumit oleh karena itu seluruh komponen betul-betul mau mendukung penyelenggara Pemilu walaupun masyarakat sudah pintar. Keberhasilan yang aman damai dan sejuk merupakan dambaan seluruh masyarakat Indonesia.

Pihaknya meminta  kepada 3 pilar jaga kekompakan, kesolidan dan senirgitas karena perilaku 3 pilar akan ditiru serta menjadi contoh masyarakat.

“Ikrar yang sudah diucapkan jangan hanya dari bibir saja tapi ikrar yang diucapkan dari hati, niat yang tulus dan ikhlas. Teruslah berkomitmen untuk selalu sinergitas dan soliditas,” pungkasnya. (gus)

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar