Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Purworejo Ekspres

 Terbaru

Grebeg Germas Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Selasa
06 November 2018 🕔 09:15:45 WIB

PURWOREJO- Ribuan warga meramaikan Grebeg Germas dan senam sehat yang digelar oleh Dinas Kehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo, Minggu (4/11).

Gunungan buah dan sayur diarak sebagai simbol ajakan masyarakat untuk mengonsumsi sayur dan buah di seputaran Alun-alun Purworejo yang menjadi pusat lokasi kegiatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Purworejo, dr Sudarmi, mengungkapkan bahwa kegiatan senam sehat itu memang diselenggarakan serentak di berbagai tempat di Indonesia sebagai rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018. Menurutnya, gunungan menjadi salah satu pembeda dengan daerah lain.

"Kita mengerahkan para kader kesehatan di tingkat desa untuk mengikuti kegiatan (senam) ini. Senam menjadi salah satu kegiatan bersama yang memiliki manfaat baik bagi pelakunya," kata Sudarmi.

Dijelaskan, pihaknya menyiapkan empat gunungan utama dan beberapa gunungan pendukung dalam kegiatan tersebut. Kemasannya cukup menarik karena gunungan sebelum sampai di Alun-alun diarak diiringi dengan tarian lokal.

"Konsep acara memang kita buat semeriah mungkin, sehari sebelumnya gunungan telah disiapkan di kompleks Kantor Bupati. Dan sebelum acara, gunungan ini diarak menuju ke alun-alun dan pengusungnya sengaja kita beri pakaian Jawa agar tampil lebih ekspresi," jelasnya.

Dengan arak-arakan itu diharapkan akan menggungah kesadaran masyarakat akan arti pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah. Tidak hanya dalam forum tersebut mereka juga berebut, kebiasaan baik itu diharapkan dapat diterapkan di rumah.

"Beberapa program kesehatan di Purworejo sebenarnya berjalan cukup baik. Mulai dari olahraga, kesehatan ibu hamil dan lainnya. Hanya satu yang perlu dikikis yakni kebiasaan merokok," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Purworejo Muh Wuryanto MM yang mewakili Bupati Agus Bastian SE MM meminta masyarakat terus mengikuti pola hidup yang baik dan sehat. Terlebih, saat ini banyak makanan instan yang siap santap. Pihaknya berharap agar masyarakat dapat tetap memberikan asupan yang sehat bagi keluarganya.

"Buah dan sayur menjadi salah satu pemenuhan konsumsi yang baik. Kita bisa lihat anak-anak sekarang banyak yang tidak suka dengan sayur dan memilih makanan yang lebih simpel. Makanya dari sekarang, mari kita berikan edukasi yang baik dan kenalkan sayur dan buah kepada anak-anak kita," tandasnya. (top)

 

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar