Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Temanggung Ekspres

 Terbaru

Bupati Jamin, Tes CPNS 2018 Murni

Kamis
08 November 2018 🕔 10:48:30 WIB

TEMANGGUNG – Selama pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2018 untuk pendaftar Kabupaten Temanggung. Hingga saat ini tercatat baru ada 173 peserta yang dinyatakan lolos seleksi tes kompetensi dasar (TKD). Padahal, jumlah total pendaftar yang lolos administrasi dan berhak mengikuti tes tertulis ada 5.483 orang dengan jumlah formasi mencapai 269. Kebanyakan dari peserta gugur di tahap pelaksanaan tes kepribadian.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Temanggung, Dja'far Muchtar, pada hari pertama tes tanggal 3 November 2018 lalu, dari 770 orang peserta tes, hanya 14 orang saja yang lolos. Dilanjutkan hari kedua dari 1.330 peserta, yang lolos hanya 56 orang, dan hari ketiga dengan jumlah peserta 1.323 yang lolos 92 orang.

Lanjutnya, rata-rata peserta mengalami kegagalan pada tahap tes kepribadian. Pada tes ini passing grade atau batas minimal lolos harus mencapai nilai 143, namun peserta banyak yang mendapat nilai di bawah itu.

“Pada tahap ini, mayoritas soal yang diujikan menggunakan kalimat panjang sehingga butuh waktu bagi peserta untuk mencermati sebelum menjawab. Tak heran banyak peserta mengeluh kekurangan waktu. Sampai hari ke tiga pelaksaan kemarin, yang lolos sementara baru 173 orang," ujarnya, Rabu (7/11).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menegaskan bahwa tes CPNS kali ini dilakukan dengan transparan karena menggunakan sistem berbasis komputer sehingga tidak ada manipulasi hasil dalam proses seleksi. 

Ia menilai, satu-satunya cara agar dapat lolos dalam seleksi CPNS tahun ini adalah para peserta berusaha secara maksimal dengan cara belajar intensif ditunjang dengan doa agar dapat lolos ke tahap selanjutnya.

"Proses seleksi CPNS kali ini transparan. Tidak ada kata titip-menitip. Sekalipun peserta adalah anak pejabat, jadi murni. Kalau mereka yang lolos berarti memiliki kualitas,” tegasnya. (riz)

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar