Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Wonosobo Ekspres

 Terbaru

Ada Petilasan Bupati Tuban, Kiai Braja, Keris

Selasa
06 November 2018 🕔 09:41:45 WIB

*Wisata Alam Bukit Sembrani juga Suguhkan Wisata Sejarah*

Wisata Bukit Sembrani yang terletak di Dusun Depok, Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang, alamnya masih hijau. Cukup menantang bagi wisatawan yang  gerah dengan suasana kota, yang panas dan  sumpek. Bukit Sembrani menjadi pilihan yang paling tepat.

AGUS SUPRIYADI, Watumalang

MENUJU bukit itu, tidak terlalu jauh. Jarak tempuh yang dibutuhkan wisatawan dari pintu masuk kurang lebih hanya 20 menit dengan jalan kaki. Objek wisata seluas 3 hektare. Wisatawan akan disambut dengan udara yang sejuk khas pegunungan.

Selain wisata alam, ada wisata sejarah berupa petilasan, antara lain petilasan Jaran Sembrani, petilasan bupati Tuban, petilasan Kiai Braja Dipha, dan petilasan bekas tempat pembuatan keris.

Saat memasukinya,  wisatawan langsung  dimanjakan oleh landscape yang indah, pohon yang rindang dan rapat menyatu, tumbuh disepanjang punggung bukti-bukit kecil, memberikan nuansa misterius. Keindahan hutan semakin sempurna dengan guratan aliran sungai kecil yang mengalirkan air bening dan batuan yang halus dan bersih.

Bukit Sembrani juga menyajikan pemandangan eksotik khas hutan alami kaki gunung Dieng, banyaknya tumbuhan liar, seperti pakis dan pohon-pohonan tua yang terlihat subur. Sesekali pandangan terhalangan  oleh munculnya kabut tebal  yang turun dari pegunungan Bismo. Gaduhnya suara burung di Bukti Sembrani menunjukkan ekosistem kawasan itu masih baik.

Ketua Pokdarwis Bukit Sembrani Krinjing, Hartoyo menuturkan, sejak digagas pada tahun 2012 silam, Bukti Sembrani sudah banyak dikunjungi wisatawan. Seperti desa wisata pada umumnya, kunjungan melonjak pada musim libur, dan akhir pekan.

“Kita sudah melakukan pengelolaan dan pengembangan wisata alama bukit sembrani, “ katanya.

Selain wisata petualangan alam, bukit sembrani juga mulai menyinergikan dengan wisata budaya dan potensi desa lainnya, sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan untuk tinggal lebih lama di desa wisata bukti tersebut.

“Kita terus berbenah, budaya desa seperti jathilan kita tampilkan, juga potensi sektor pertanian, kopi dan sayuran, serta camping ground,” katanya.

Wisata di tempat ini memiliki posisi strategis bagi wisatawan petualangan yang bosan pergi ke Dieng melalui jalur yang sudah biasa. Sebab, bagi petualang ekstrim, jalur pegunungan tersebut memungkinan wisatawan menuju ke negeri diatas awan.

Kepala Desa Krinjing Mulno, mengaku bahwa  dukungan pemerintahan desa terhadap pengembangan wisata Bukti Sembrani, tidak sedikit. Sarana dan prasarana air, listrik, dan gapura masuk mendaptkan bantuan dari desa.

Bahkan untuk memperkuat aktvitias kegiatan sektor wisata desa, pihak pemerintahan desa telah membuat Peraturan desa. Pengelolaan desa wisata dilakukan oleh  pokdarwis bersama bekerjasama dengan BUMDes.

“ Tingkat kunjungan mulai mengalami peningkatan, utamanya hari Sabtu dan Minggu. Wisata bukit sembrani ternyata juga  digemari anak –anak sekolah, baik PAUD maupun SD,” ungkapnya

Desa wisata Bukit Sembrani juga sudah merancang wisata untuk jangka panjang. Meski anggaran belum ada. Namun alur yang akan dilalui sudah jelas. Dukungan seni budaya cukup banyak,  ada warok, lengger, jathilan, pencaksilat. Kuliner nasi jagung dan buntil, lalu ada teh khas desa, madu dan kopi.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Eko Purnomo didampingi Kepala Disparbud One Andang Wardoyo dalam pembukaan festival desa wisata beberapa waktu lalu,  mengemukakan, bahwa pengembangan desa wisata di kabupaten setempat perlu terus ditingkatkan dengan berbagai inovasi.

“Dampak dari pembangunan sektor wisata, termasuk desa wisata akan mampu memberikan manfaat luas bagi masyarakat di desa,” katanya

Sehingga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan serta mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Wonosobo. Pemerintah melalui dinas terkait berkomitmen kuat melakukan fasilitasi dan pendampingan agar desa wisata di Wonosobo mengalami peningkatkan baik secara kualitas maupun kwantitas pengunjung. (*)

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar