Rabu, 21 November 2018

Nama Site

Temanggung Ekspres

 Terbaru

45 Calon Kades Bertarung

Jumat
09 November 2018 🕔 11:40:30 WIB

*14 Desa Gelar Pilkades*

TEMANGGUNG – Sebanyak 45 calon kepala desa (kades) bertarung dalam pemilihan (Pilkades), yang digelar di 14 desa di wilayah Kabupaten Temanggung, Kamis (8/11).

Kabag Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Temanggung, Ramadlan menyebutkan, jumlah warga yang mencalonkan diri sebagai calon kades di 14 desa itu berbeda, dari mulai dua calon sampai dengan jumlah terbanyak lima calon kades per desa.

Adapun desa-desa tersebut berada dalam wilayah 11 kecamatan, yakni Desa Wonotirto di Kecamatan Bulu 2 Calon, Desa Kertosari Kecamatan Jumo 2 calon, Desa Ketitang Kecamatan Jumo 3 calon, Desa/Kecamatan Kedu 5 Calon, Desa Lowanu Kecamatan Bejen 4 calon, Desa Gandon Kecamatan Kaloran 5 calon. Lalu Desa Semen Kecamatan Wonoboyo 3 calon, Desa Pateken Kecamatan Wonboyo 2 calon, Desa/Kecamatan Tembarak 3 calon, Desa Snggingan Kecamatan parakan 2 calon, Desa Malebo Kecamatan kandangan 5 calon, Desa Katekan Kecamatan Ngadirejo 5 calon, Desa Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo 2 calon dan Desa Nglarangan Kecamatan Tretep 2 calon.

“Unuk Desa/Kecamatan Kedu untuk penetapan calon dan pengambilan nomor urut setelah dilakukan uji kompetensi, sebab jumlah calon yang mendaftarakan diri sebanyak 10 calon,” terangnya.

Ramadlan mengatakan, pelaksanaan pilkades di Kabupaten Temanggung serentak dilakukan pada Kamis (8/11). Pelaksanaan sendiri dilakukan oleh panitia pilkades di desa masing-masing.

Disebutkan, tahapan-tahapan pilkades sendiri dilakukan sejak awal pendataan pemilih hingga pelaksanaan.Adapun tahapan yang dilakukan diantaranya yakni pada tanggal 1 November telah dilakukan penetapan calon kepala desa dan pengambilan nomor urut. Kampanye dilakukan pada tanggal 5 dan 6 November dan hari tenang pada rabu (7/11).

“Tahapan demi tahapan telah dilakukan oleh semua panitia pilkades di desa. Selama tahapan tidak ada permasalahan yang berarti,” katanya.

Diungkapkan, 14 desa yang melaksanakan pilkades pada tahun ini karena berbagai hal. Di antaranya karena jabatan kepala desa telah habis terdapat di tujuh desa, lalu kepala desameninggal dunia ada di lima desa, serta kepala desa yang akan habis periode jabatannya ada dua desa. Untuk lima desa yang kepala desanya telah meninggal dunia adalah Desa Pateken, Sunggingsari, Lowungu, Gandon dan Kedu.

“Sedangkan dua desa yang saat ini jabatan kepala desa masih definitif, namun periodenya akan berakhir sebelum November adalah Desa Malebo, yang periode jabatannya akan selesai pada 24 April. Serta Desa Tegalrejo, yang akan selesai pada 28 Oktober,” tambahnya.

Secara umum rencana pelaksanaan pilkades pada November tersebut telah disosialisasikan pada 22 Maret hingga 5 April dengan menghadirkan kades dan perangkat desa, BPD, dan tokoh masyarakat setempat.Sementara untuk pelantikan terhadap kades terpilih sendiri akan dilaksanakan pada Kamis 27 Desember 2018 mendatang.

“Setelah ditetapkan sebagai calon terpilih oleh panitia Pilkades, kemudian akan dilakukan pelantikan,” tambahnya.

Hingga berita ini diturunkan, rata-rata proses perhitungan suara masih berlangsung, bahkan di Desa/Kecamatan Kedu proses perhitungan baru di mulai sekira pukul 15.30 WIB. Padahal jumlah Daftar Pemilih Tetap Desa tersebut mencapai 4040 jiwa dan calon kades sendiri ada lima yakni Tri Sulaksono, Falaq Setiaji, Aryanto, Rr Mely Setyowati dan Teguh.(set)

Tag
Bagikan

Tinggalkan Komentar